Jumat, 05 April 2013

ISU KESEHATAN MASYARAKAT TERKINI



Buruknya Pelayanan Kesehatan
Harapan warga miskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak nampaknya masih jauh. Itulah yang dialami Elisa Darawati, seorang warga tidak mampu di Jakarta yang harus menerima kenyataan setelah salah satu putrid kembarnya yang baru lahir meninggal akibat penyakit yang dideritanya. Bayi yang lahir prematur tersebut didiagnosa mengalami gangguan pada tenggorokannya. Apa daya setelah sepuluh rumah sakit yang didatanginya tidak ada satupun yang bersedia merawat dengan alasan apapun. Bayi malang itupun akhirnya meninggal.
Beberapa jam kemudian pihak menkes membantah terjadinya penolakan dari pihak rumah sakit terhadap Elisa. Menurut semua rumah sakit yang didatangi Elisa memang telah penuh. “Jadi, bukan karena dia ditolak di mana-mana, tapi karena kondisinya buruk. Kalau anak berat 1 kg memang survival –nya kecil sekali,” jelas menkes Nafsiyah Mboi. Ia juga berjanji akan memperbaiki system komunikasi antar RS sehingga tidak muncul kejadian seperti Elisa yang berkeliling membawa Dera yang sakit parah.
Pihak Kemenkes juga membantah terjadinya diskriminasi terhadap warga miskin seperti Elisa. “Tidak diterimanya rujukan pasien tersebut disebabkan keterbatasan alat, dalam hal ini fasilitas ruang NICU, bukan karena pasien membawa Kartu Jakarta Sehat*(KJS),” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenkes Murti Utami dalam siaran persnya, Senin(18/2). Gubernur DKI Jokowi juga menyatakan penuhnya kamar perawatan NICU dikarenakan terjadinya lonjakan jumlah anak penderita hingga 70%.
Analisis Masalah
Rendah Anggaran Kesehatan
Pelayanan kesehatan harus dipahami bukan sekedar pelayanan kepada warga yang sakit, tapi juga terjaminnya kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Dalam hal ini layanan yang diperoleh masyarakat jauh lebih rendah. Menurut Laporan Akhir Tahun 2012 Komnas Perlindungan Anak Indonesia, ada sekitar 8 juta anak Indonesia yang mengalami gizi buruk sudah pasti akan berdampak pada pertumbuhan anak, di antaranya adalah anak akan tumbuh sebagai orang pendek(stunting) paling banyak di dunia, selain Thailand, India, Pakistan, Nigeria, dan bahkan Vietnam. WHO mencatat 90% anak pendek ada di 36 negara berkembang, termasuk Indonesia.
Buruknya pelayanan kesehatan masyarakat khususnya warga miskin karena memang pemerintah tidak pernah memberikan anggaran yang memadai. Dari total Produk Domestik Bruto(GDP), alokasi biaya pendidikan dan kesehatan Indonesia paling rendah dari negra lain yaitu 2%. Sedangkan Kamboja 4%, Laos mendekati 5%, Malaysia 10%, Philipina 15%, dan Thailand hampir 7%.
Tata Kelola Amburadul
Persoalan pelayanan kesehatan bagi masyarakat bertambah ruwet dengan tidak adanya transparansi dan amburadulnya pengelolaan. Banyak bidan dan rumah sakit yang mengeluhkan kesulitan mencairkan dana jampersal (jaminan persalinan kelahiran) selain itu juga di sejumlah daerah terjadi pemotongan dana jampersal  yang mereka terima. Tidak hanya itu sejumlah RS juga sudah diprivatisasi. Anggaran kesehatan yang rendah, privatisasi RS milik pemerintah, dibukanya kran masuknya RS asing, semua itu menunjukan negara lepas tangan dari memberikan pelayanan kesehtan untuk rakyatnya. Justru Negara  memposisikan sebagai pentedia jsa dan rakyat sebagai konsumen dengan hubungan dagang.

1 komentar:

  1. Ibu Kardila yth,

    Pelayanan pengobatan adalah merupakan salah satu dari program kesehatan masyarakat. PRogram kesehatan masyarakat dahulu ada sampai 18 program pokok, antara lainnya : Program KIA, Program Kesehatan lingkungan, Program Promosi Kesehatan, Program Pelayanan Pengobatan, Program Gizi dsb. Sekarang PRogram KEsmas menjadi 6 program pokok ditambah dengan program yang lokal spesifik. Jadi janganlah disama artikan pelayanan pengobatan dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Karena banyaknya anggapan pelayanan pengobatan sama artinya dengan pelayanan kesehatan masyarakat maka anggaran kesehatan lebih diprioritaskan ke program pelayanan pengobatan/kuratif daripada preventif dan promotif.
    Hal yang sama juga menyebabkan tenaga di Puskesmas lebih banyak terdiri dari tenaga paramedis/bidan serta dokter daripada tenaga kesehatan masyarakat. Puskesmas lebih menonjolkan program pelayanan pengobatan daripada program yang bersifat preventif dan promotif.
    Demikian sekedar meluruskan pengertian pelayanan pengobatan dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Terima kasih

    Surya

    BalasHapus